20 Nov 2012

beternak kenari dalam kandang umbaran

waktu-waktu ini saya  penasaran dan ingin mencoba beternak kenari dalam kandang umbaran. saya mencoba menggali informasi dari google dengan bahasa indonesia, tapi ternyata tidak ada satupun informasi yang saya dapatkan, padahal ketika kita menggali informasi di google melalui bahasa inggris, ternyata banyak sekali info mengenai ternak kenary dalam kandang umbaran.
meskipun saya yakin temen-temen di luar sana yang tidak terkoneksi melalui on line, yang sudah malang melintang di dunia ternak kenari pastinya tau dan mungkin juga sudah ada yang melakukan.

Salah satu yang dikhawatirkan dan belum begitu dipahami dalam ternak kenari dalam kandang umbaran adalah komposisi antara jantan dan betina. kalo semisal kandang umbaran hanya di huni 1-3 betina dan 1 pejantan dimana masing-masing sudah berjodoh saya kira tidak akan sulit. tetapi apa yang terjadi jika dalam satu kandang umbaran yang ukurannya cukup besar semisal 2x3 mtr tinggi 2 mtr, dan dihuni oleh banyak ekor pejantan dan betina, apa yang akan terjadi? 
kalo berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari breeder kenari di luar negeri, hal tersebut tidak masalah, karena kenari akan memilih pasangannya sendiri-sendiri, jika komposisinya seimbang, jika komposisinya tidak seimbang artinya banyak betinanya si betina juga akan memilih pasangannya yang cocok, tetapi jika ternyata 2 jantan memilih satu betina yang sama, kemungkinan yang bisa terjadi adalah perkelahian, tetapi katanya hal tersebut juga tidak masalah karena dengan kandang yang luas, perkelahian yang serius tidak akan terjadi karena bisa berterbangan, dan pada akhirnya ditentukan oleh kenari betina akan memilih pejantan yang mana pada masa kawin satu waktu itu, bisa jadi lain masa kawin betina memilih pejantan lainnya.
kemungkinan di indonesia metode seperti ini belum atau jarang dilakukan dikarenakan aspek biaya dan nilai ekonomisnya yang cenderung kurang maksimal, karena metode seperti ini membuat kenari seperti hidup di alam bebas, yang kurang bisa dikontrol masa kawinnya.
tetapi bagi saya sangat menarik jika bisa menggunakan metode seperti ini, karena membuat kenari akan bahagia, karena seperti hidup di alam, dan dari sisi pemandangan akan sangat menarik, jika dalam kandang terdapat banyak kenari, semakin indah pula jika ditambahi tanaman atau pepohonan yang membuat semakin alami, mari kita coba ternak kenari dengan metode kandang umbaran..